Kali ini saya akan membagikan cara membuat surat masal menggunakan software Microsoft Office, cara ini akan mempermudah kalian yang membuat surat banyak tapi beda-beda nama tujuanya. Agar tidak menggnti namanya satu persatu kalian bisa menggukan cara ini dengan daftar nama yang bisa kalian simpan di Excel dan dapat kalian ubah sewaktu waktu
- Buatlah kerangka surat di Microsoft Office Word.
- Buatlah database di Microsoft Office Excel, dan di Save.
- Setelah itu masulah ke Mailings untuk memasukan database, pada step 1 (tipe dokumen) pilihlah Letters kemudian klik Next.
- Pada step 2 (jenis dokumen dimulai) pilihlah Use the current document, kemudian klik Next.
- Pada step 3 (tipe database) pilihlah Use an existing list kemudian klik Sellect a different list kemudian pilihlah database yang tadi sudah dibuat di Excel.
- Pada step 4 klik More items, lalu Insert data sesuai kolom.
- Pada step 5 kita bisa mencoba apakah Mailings berhasil atau tidak dengan mengklik arah panah ke kanan dan ke kiri serta mengedit data apabila ada kesalahan.
- Pada step 6 klik Print lalu pada Print record pilih All untuk mencetak semua surat berdasarkan banyaknya data yang kita buat.
Kalau ada yang mau tutorial kalian bisa request di komentar
Semoga bermanfaat :)
Jangan lupa bahagia dan share ke temen temen kalian...
Sampai ketemu di artikel selanjutnya.
0 komentar: