Wednesday, April 1, 2020

Cara Membuat Surat Masal di Word dengan Data dari Excel (Mail Merge)

Hallo guys.....
Kali ini saya akan membagikan cara membuat surat masal menggunakan software Microsoft Office, cara ini akan mempermudah kalian yang membuat surat banyak tapi beda-beda nama tujuanya. Agar tidak menggnti namanya satu persatu kalian bisa menggukan cara ini dengan daftar nama yang bisa kalian simpan di Excel dan dapat kalian ubah sewaktu waktu 
  • Buatlah kerangka surat di Microsoft Office Word.

  • Buatlah database di Microsoft Office Excel, dan di  Save.

  • Setelah itu masulah ke Mailings untuk memasukan database, pada step 1 (tipe dokumen) pilihlah Letters kemudian klik  Next.

  • Pada step 2 (jenis dokumen dimulai) pilihlah Use the current document, kemudian klik  Next. 

  • Pada step 3 (tipe database) pilihlah Use an existing list kemudian klik Sellect a different list kemudian pilihlah database yang tadi sudah dibuat di Excel.

 
  • Pada step 4 klik More items, lalu Insert data sesuai kolom.  


 
  • Pada step 5 kita bisa mencoba apakah Mailings berhasil atau tidak dengan mengklik arah panah ke kanan dan ke kiri serta mengedit data apabila ada kesalahan.

 


  • Pada step 6 klik Print lalu pada Print record pilih All untuk mencetak semua surat berdasarkan banyaknya data yang kita buat.
Kalau ada yang mau tutorial kalian bisa request di komentar
Semoga bermanfaat :)
Jangan lupa bahagia dan share ke temen temen kalian...
Sampai ketemu di artikel selanjutnya.
Previous Post
Next Post

Saya adalah seorang siswa yang menyukai blog karena disini saya bisa membagikan tugas-tugas saya menjadi sebuah karya tulis

0 komentar: