Sunday, January 17, 2021

Cara memasukan MikroTik Router OS di GNS3

 Hallo.....

Jika pada postingan sebelumnya kita sudah menginstall MikroTik Router OS menggunakan qemu kali ini kita akan belajar bagaimana cara nya untuk memasukanya ke aplikasi GNS3 agar bisa di gunakan untuk membuat Project.

Oke langsung saja ke caranya.

1.   Pertama kita buka dulu aplikasi GNS3 kemudian klik tab Edit dan klik Preferences..., atau kalian bisa menggunakan shortkey CTRL + SHIFT + P.


2.     Maka kita akan masuk ke jendela baru, disini kita bisa klik Qemu VMs kemudian klik  New.


3.   Setelah klik New maka kita akan masuk lagi ke jendela baru, disini kita akan memberikan nama, saya beri nama MikroTik, lalu klik Next.


4.    Disini kita bisa mengatur lagi berapa banyak RAM yang akan di alokasikan untuk MikroTik, saya tetap menggunakan 64MB sama seperti saat penginstallan di Qemu  sebelumnya.


5.   Setelah klik Next kita akan di suruh memilih consol untuk meremote MikroTik disini saya pilih Telnet.


6.    Pengaturan selanjutnya adalah memilih image MikroTik yang sudah kita install sebelumnya, jadi kita pilih mikrotik.img atau sesuai dengan nama yang  kalian buat saat penginstallan, lalu klik Finish.


7.   Jika sudah kalian bisa klik Edit kemudian pada tab general ini saya akan mengganti category nya menjadi Routers dan saya juga akan memilih symbol dengan klik Browse..., jika sudah menemukan Symbol yang tepat  kalian bisa klik OK.


8.   Lalu kita pindah ke tab Network, disini saya merubah adapter atau port nya menjadi 5 dan Name format agar penamaan port di mulai dari 1 bukan 0. Jika sudah kalian bisa klik OK => Apply => OK.


9.  Sampai disini proses memasukan MikroTik sudah selesai, kalian bisa memasukanya ke project dengan klik ikon komputer, kemudian pilih MikroTik. Klik Start untuk menghidupkan dan klik Console untuk konfigurasi MikroTik dengan CLI.


10.  Dan jika berhasil setelah klik Console kita akan masuk ke jendela baru dimana kita di minta untuk login MikroTik seperti biasa defaultnya adalah admin dan password nya kosong kemudian klik Enter.



Jadi seperti itulah caranya, apabila ada yang kurang faham atau ada kesalahan penulisan bisa di diskusikan melalui grup WA disini

Previous Post
Next Post

Saya adalah seorang siswa yang menyukai blog karena disini saya bisa membagikan tugas-tugas saya menjadi sebuah karya tulis

0 komentar: