Wednesday, January 20, 2021

Cara Menambahkan Switch layer 3 di GNS3

 Hallo.....

Jika sebelumnya saya sudah memposting bangaimana caranya untuk menambahakan Router MikroTik kali ini say akan memberikan tutorial bagaimana caraya untuk menambahakan Switch layer 3 di mana disini saya menggunakan switch c360 yang akan saya tambahkan dengan menggunakan IOS image, jika kalian belum mempunyai file nya kalian bisa mendownload dulu disini.

Oke langsung saja ke caranya.

1.     Pertama kita buka dulu aplikasi GNS3 kemudian klik tab Edit dan klik Preferences..., atau kalian bisa menggunakan shortkey CTRL + SHIFT + P.


2.     Maka kita akan masuk ke jendela baru, disini kita bisa klik IOS routers kemudian klik  New.


3.   Setelah klik New maka kita akan masuk lagi ke jendela baru, disini kita akan memilih IOS image kalian bisa klik Browse untuk mencari dan jika sudah ketemu kalian bisa klik Next.


4.   Selanjutnya kita akan di minta untuk memberikan nama disini saya menggunkan nama default, dan yang paling penting kalian harus memberikan centang di bagian paling bawah agar GNS3 mengetahui bahwa itu adalah Switch router, kemudian klik Next.


5.     Setalah nama, berikutnya kita akan di minta mengatur berapa banyak RAM yang akan di alokasikan untuk Switch Cisco ini, disini saya menggunakan defaultnya yaitu 192 MiB.


6.      Selanjutnya kalian tinggal klik Next-Next saja sampai selesai kemudian klik Finish.


7.  Sampai disini proses menambahkan Switch Cisco Layer 3 sudah selesai selanjutnya kalian bisa menambahkan Switch tersebut ke project kalian, dan sepersi biasa kalian bisa klik kanan pada Switch tersebut, kemudian klik Start untuk menghidupkan, dan Console untuk konfigurasi dengan CLI.


8.    Dan jika berhasil kalian akan masuk ke dalam CLI dari Switch tersebut.



Jadi seperti itulah caranya, apabila ada yang kurang faham atau ada kesalahan penulisan bisa di diskusikan melalui grup WA disini

Previous Post
Next Post

Saya adalah seorang siswa yang menyukai blog karena disini saya bisa membagikan tugas-tugas saya menjadi sebuah karya tulis

0 komentar: